Gejala dan penyebab kista ovarium

Gejala dan penyebab kista ovarium – Kista ovarium terbentuk oleh bermacam sebab, penyebab inilah yang nantinya akan menentukan tipe dari kista. Diantara beberapa tipe kista ovarium, tipe folikuler merupakan tipe kista yang paling banyak ditemukan. Kista jenis ini terbentuk oleh karena pertumbuhan folikel ovarium yang tidak terkontrol. Folikel adalah suatu rongga cairan yang normal terdapat dalam ovarium. Pada keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur.
Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkan bendungan carian yang nantinya akan menjadi kista. Cairan yang mengisi kista sebagian besar berupa darah yang keluar akibat dari perlukaan yang terjadi pada pembuluh darah kecil ovarium. Pada beberapa kasus, kista dapat pula diisi oleh jaringan abnormal tubuh seperti rambut dan gigi. Kista jenis ini disebut dengan Kista Dermoid. Berikut ini beberapa gejala dan penyebab kista ovarium :

Gejala dan penyebab kista Ovarium

Gejala kista ovarium – Sebagian besar wanita tidak menyadari bila dirinya menderita kista. Seandainya menimbulkan gejala maka keluhan yang paling sering dirasakan adalah rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggul. Rasa nyeri ini timbul akibat dari pecahnya dinding kista, pembesaran kista yang terlampau cepat sehingga organ disekitarnya menjadi teregang, perdarahan yang terjadi di dalam kista dan tangkai kista yang terpeluntir. Selain itu ada beberapa gejala lain yang biasa dirasakan antara lain:
  • Nyeri saat menstruasi.
  • Nyeri di perut bagian bawah.
  • Nyeri pada saat berhubungan badan.
  • Nyeri pada punggung terkadang menjalar sampai ke kaki.
  • Terkadang disertai nyeri saat buang air kecil dan/atau buang air besar.
  • Siklus menstruasi tidak teratur; bisa juga jumlah darah yang keluar banyak. (source : gadiskeraton.blogspot.com)

Nah, itulah artikel gejala dan penyebab kista ovarium mudah-mudahan bermanfaat.
Thx

Informasi Penyakit : http://blog-penyakit.blogspot.com/2012/07/gejala-dan-penyebab-kista-ovarium.html

Incoming search terms:

  • patofisiologi kista ovarium
  • makalah kista ovarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>