Perbedaan ASI Dengan Susu Formula

Perbedaan ASI Dengan Susu FormulaPerbedaan Kandungan ASI Dengan Susu FormulaBagi kita para orang tua tentunya kesehatan keluarga kita termasuk kesehatan bayi dan anak-anak kita menjadi prioritas utama. Mudahnya adalah bila kita banyak uang serta harta sedangkan kesehatan anak-anak kita tak terjaga dengan baik, tentunya kita para orang tua juga tidak bisa merasakan kebahagiaan dalam suatu kehidupan rumah tangga. Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba share sedikit mengenai perbedaan ASI dan susu formula dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat.

Pentingnya pemberian ASI ini banyak manfaat dan faedahnya baik bagi kesehatan ibu menyusui itu sendiri atau pun bagi bayi yang diberikan ASI itu sendiri. Menyusui adalah memberikan Air Susu Ibu yang memang telah khusus diperuntukkan kepada bayi dan anak-anaknya sendiri. Dan itu sedikit mengenai pengertian menyusui. Dan hal ini ASI akan lebih benyak memberikan manfaat kepada kesehatan bayi bila pemberiannya adalah sampai dengan 2 tahun.

Perbedaan ASI dengan Susu Formula

Selain ASI kita sebagai masyarakat juga mengenal akan pemberian ASI Formula.Susu formula ini adalah susu selain ASI yang juga biasa diberikan kepada bayi pada umumnya dan bahan dasar susu formula ini adalah dibuat dari susu sapi, atau pun kita mengenal akan susu kambing dan susu kedelai pula. Dan demikian yang disebut dengan ‘Susu Formula’ dan juga pengertian susu formula. Hal ini akan terdengar ilmiah, karena memang susu formula tersebut diubah formulanya dengan mempertimbangkan keamanannya dan kegunaan serta manfaatnya bagi sistem percernaan bayi serta anak.anak.

Meskipun susu formula tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan “kandungan ASI” tentunya tidak akan sama dengan ASI (Air Susu Ibu) yang sesungguhnya. Manusia khususnya adalah kaum wanita bisa memproduksi susu yang benar-benar diperuntukkan untuk khusus bayi. Dan juga merupakan susu yang telah berevolusi untuk bisa menyesuaikan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak-anak keturunan manusia. Sedangkan susu formula yang berasal dari mamalia lain tentu berbeda, dan walau sempurna bagi keturunannya, tentunya tidak bisa disamakan dengan pemberian ASI oelh seorang ibu kapada anak-anaknya.

Bahkan bila menyusui itu sendiri mempunyai beberapa keuntungan dan manfaat khusus, memberikan susu formula juga mempunyai beberapa dampak negatif dan juga mempunyai beberapa kerugain bila dilihat dari beberapa aspek. Jika menyusui ASI dapat memberikan bayi dari penyakit dan kondisi tertentu, maka memberikan susu botol ataupun susu formula juga akan beresiko bayi akan terkena penyakit atau pun kondisi tertentu. Maka menyusui dengan ASI adalah hal yang terbaik dalam menghindari resiko yang tidak perlu untuk terjadi. Susu formula pun bisa menyebabkan akan alergi susu sapi.

Lalu bagaimana perbedaan ASI dengan susu formula itu sendiri ? Bahan-bahan yang ada dalam kandungan ASI berbeda dengan kandungan yang terdapat dalam susu botol. Perbedaannya bisa kita lihat contohnya adalah bahwasannya susu sapi atau susu formula mengandung protein dua kali lebih banyak dari ASI. Sedangkan ASI lebih banyak kandungan akan asam lemak tak jenih ganda dibandingkan dengan susu formula atau susu botol. Itu bila dilihat dari sisi rasio bahan-bahan perbandingan antara susu formula dengan susu ASI. Dan ini juga salah satu perbedaan kandungan ASI dengan susu formula.

Perbedaan ASI dan susu botol lainnya adalah bahwa banyak zat yang terdapat dalam kandungan didalam ASI yang tidak terdapat sama sekali atau bahkan hanya dalam jumlah yang sangat sedikit pada susu formula dan susu botol. Diantaranya yaitu bahwa ASI mengandung imunoglobulin, fagosit, limfosit T, enzim-enzim penting lainnya seperti lisozim dan banyak zat bermanfaat dan berguna lainnya yang terdapat pada ASI yang melindungi bayi terhadap infeksi seperti halnya sel tubuh, antibodi, hormon dan juga zat penting lainnya. Meskipun pabrik-pabrik produsen susu formula telah berusaha menambahkan beberapa zat yang sama dengan yang diatas telah disebutkan pada beberapa merek susu formula, tetapi zat tersebut bukan berasal dari manusia sehingga hal ini tidaklah sama dan juga identik. Ini juga yang menyebabkan perbedaan antara susu ASI dengan susu formula. Dan tentunya perbedaan komposisi ASI dan susu formula.

Kita juga bisa mengilustrasikan bahwasannya susu formula ini kan dibuat dari susu sapi, sus kambing. Maka mudahnya adalah susu sapi tepat untuk anak sapi. Susu kambing tepat untuk anak kambing dan seterusnya. Maka ASI sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan anak-anak manusia karena memang dieruntukkan khusus untuk bayi manusia dan bukannya untuk anak-anak kambing atau pun sapi. Sehingga kandungan ASI dan manfaat yang terkandung dalam ASI tersedia dalam jumlah yang tepat dan sesuai untuk bayi manusia. Dan inilah salah satu kebesaran Allah dalam salah satu Ciptaan Nya yaitu keajaiban ASI untuk bayi manusia.

ASI merupakan suatu cairan hidup, yang berubah dan juga berespon terhadap kebutuhan bayi sesuai dengan pertumbuhannya. ASI mengandung zat anti infeksi yang sangat penting untuk membantu bayi dalam hal melawan infeksi dan berbagai penyakit pada bayi. Satu hal lagi manfaat ASI adalah membuat respon instan terhadap infeksi dengan memproduksi satu set baru imunoglobulin ampuh yang mempercepat sistem imun bayi dengan cara memerangi bakteri dan virus.

Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya mengenai perbedaan ASI dengan susu formula dan yang perlu digarisbawahi pula bahwasannya pemberian ASI ini adalah baik diberikan sampai dengan 2 tahun dan selanjutnya bisa menggunakan sus formula. Perbedaan komposisi Air Susu Ibu dan susuf formula dan susu botol ini semoga bisa menambah pengetahuan kita akan kesehatan dan penting dan manfaat pemberian ASI.

Blog Keperawatan : http://askep-net.blogspot.com/2012/10/perbedaan-asi-dengan-susu-formula.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>